thumb_img
April 1, 2019 |  Wisata Kulon Progo

Gua Kidang Kencono bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam sembari berpetualang, Gua Kidang Kencono atau Goa Kidang Kencana memamerkan perbukitan dengan vegetasi yang hijau dan subur. Banyak legenda yang hadir dari gua ini. Salah satunya adalah kisah antara seekor rusa dengan Mbah Bongsoriyo, seorang pengembala kambing.

Alkisah, Mbah Bongsoriyo kehilangan kambingnya dan mencarinya hingga ke gua, di gua inilah, tak sengaja Mbah Bongsoriyo menemukan kambingnya sedang bersama seekor rusa. Sejak pertemuan itu gua ini dinamakan Gua Kidang Kencono. Belum adanya lampu penerangan atau jalanan yang di cor semen membuat perjalanan mengeksplor gua menjadi tak mudah.

Bahkan terkadang kamu mesti jongkong atau merangkak jika lorong di gua semakin sempit, memang tak mudah, namun justru hal tersebutlah yang membuat wisata ke Goa Kidang Kencana menjadi semakin menantang.Di sepanjang perjalanan kamu di Goa Kidang Kencana, kamu akan disuguhkan ornamen-ornamen karst alam yang berbentuk unik.

Seperti, Ringin Kurung yang merupakan batuan kapur besar menyerupai pohon beringin lebat, serta ada bebatuan yang menyerupai kentungan. Lalu ada ruangan luas yang disebut Selangit, serta bebatuan alami menyerupai stupa candi yang disebut Candi Sewu.

Dan juga ada Soko Bentet yang merupakan tiang gua hasil penyatuan stalaktit dan stalagmit, lalu ada Bungkus Angkrem yang berupa batu besar menyerupai bentuk hati, serta Langit Kuntoro, Bulus dan Pancoran. Seluruh ornamen di Gua Kidang Kencono ini justru menambah keindahan yang membuat para traveler lupa jika mereka sudah menempuh perjalanan panjang untuk melihat keindahan ini.

Tips

  1. Sebaiknya ditemani oleh pemandu wisata setempat
  2. Gunakan helm untuk menghindari cidera
  3. Jangan lupa membawa lampu baterai
  4. Gunakan sepatu yang nyaman dan aman, sebaiknya tak gunakan sandal.

Cara menuju ke Gua Kidang Kencono

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu bisa melalu rute berikut : Perempatan Ring Road Demak Ijo – Jl. Godean – Pasar Godean – jembatan Sungai Progo – Pasar Kenteng – Nanggulan – Pasar Jonggrangan – pertigaan Gua Kiskendo ambil kanan – Lalu ikuti papan petunjuk jalan menuju Gua Kidang Kencono.

Alamat Gua Kidang Kencono

Berada di dusun Sabrangkidul, desa Purwosari, kecamatan Girimulyo, Purwosari, Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674